Tuesday, May 17, 2005

New Hobby, Flying

Bersyukur banget, disini, di Kalimantan selain dapet gawe, gue dapet juga menyalurkan salah satu hobi gue, jalan-jalan. Dan ternyata disinilah gue punya hobi baru lagi, terbang. Bagi yang belom pernah ke Kalimantan pasti ga kebayang. Disini transportasi darat susah, adanya udara dan air.

Istilahnya sampe bosen deh terbang hehehe. Penerbangan pertama ke Tarakan, sebuah pulau di utara Kalimantan, 50 menit penerbangan dari Balikpapan, 2,5 jam speed boat ke Malaysia. Waktu menunggu pesawat ke Tarakan gue sempet baca majalah dirgantara, Angkasa. Disitu diiklanin sebuah buku tentang Tarakan. Ternyata Tarakan itu Pearl Harbour-nya Indonesia. Pulau Tarakan itu kaya minyak. Jepang memulai membombardir pulau itu menjelang meletusnya Perang Dunia II.

Tugas ternyata memberi kesempatan gue untuk kembali terbang menuju Long Bawan, sebuah kota kecil deket perbatasan dengan Malaysia. Gue terbang menuju site dengan membawa material proyek menggunakan pesawat intai NOMAD TNI AL. Itu pesawat sering muncul di TV saat konflik Ambalat memanas beberapa waktu lalu.

Ini penerbangan pertama gue dengan pesawat non komersial, pesawat militer lebih tepatnya. It was amazing. Why? Soalnya serasa lebih bebas aja meskipun itu pesawat militer. Bisa jalan-jalan walaupun ga seluas pesawat komersial.

Saat take off gue sempet teriak,"I am flying.." yang bikin temen gue Andri Boki tergelak. Sesaat setelah take off pemandangan yang luar biasa terlihat dari atas. Sebelumnya udah sering terbang pake pesawat komersial, tapi ga tau kenapa saat terbang sekarang serasa lebih menikmati aja. Liat 'degradasi' kelebatan hutan Kalimantan bagian utara.

Jadi inget masa kecil. Dulu kalo ditanya orang apa cita-cita gue kalo dah besar, pasti gue bilang pengen jadi pilot. Kesampainnya sekarang, walopun ga duduk dan mengendalikan pesawat di kokpit.

Yea...I love flying..

No comments: