Friday, July 08, 2005

Empat Rodanya Di Atas!!!

20 Juni 2005

Hari itu, jam 09:00 WIB aku udah bersiap-siap untuk pergi ke Jongkong, sekitar 500-an km dari Pontianak, untuk melakukan pengecoran pondasi. Udah mandi, dan dengan disertai Pak Robi, Site Manager dan Syahrijal dari Subkon SIEMENS kami bertiga pun menuju Jongkong mengunakan mobil Daihatsu HILINE double gardan. Jangan coba-coba deh ke site make mobil single gardan,apalagi di musim hujan kaya sekarang. Ampun deh.

Mobil Daihatsu HILINE itu baru saja keluar bengkel tiga hari yang lalu. Setelah ada kerusakan mesin. Selama tiga hari ini mobil tersebut di enreyen, sebelum benar-benar dibawa terjun ke site.

Pak Robi sebagai driver membawa mobil itu dengan kecepatan menengah, ngga terlalu kenceng. Maklum baru belajar bawa mobil, apalagi jalannya lumayan syusyah. Dengan kecepatan seperti itu otomatis membuat diriku terlelap. Kalo pas jalannya mulai goyang-patah-patah, kebangun, gitu aja seterusnya.

Lewat Simpang Selimbau jalannya mulai bagus, ga ada lobang. Jalan tanah mulus dilapisi pasir dan batu sehingga menantang siapapun untuk ngebut. Apalagi jalannya sepi, jarang penduduk. Dan benar,Pak Robi pun tergoda. Itulah awal dari semuanya.

Begitu ngebut, pantat sang mobil pun suka lari-lari ke kanan dan ke kiri. Bagi driver yang udah pengalaman, begitu pantat mobil lari ke kanan, otomatis dia akan ngikutin setir ke kanan demikian juga kalo pantat lari ke kiri, dia akan ikutin setir ke kiri. Dengan begitu otomatis pantat mobil akan kembali lurus. Begitulah teori dan pengalaman mengajarkan.

Pak Robi ngga tau hal itu. Berhubung baru belajar, naluri menuntun dia untuk muter setir ke kiri jika pantat mobil lari ke kanan dan akan muter setir ke kanan jika pantat mobil lari ke kiri. Akibatnya setelah dua kali pantat mobil lari, ke kiri, ke kanan…kemudian gubraggg!!! Mobil terbalik!!! Empat rodanya di atas!!!

Aku sempat kehilangan kendali beberapa detik. Setelah berhasil menguasai diri dan keadaan, aku mencari pintu keluar. Semuanya terlihat gelap. Setelah melihat celah pintu aku bergegas menuju kesana, takut meledak mobilnya, kaya di pilem-pilem….

Mobil bagian depan bodi nya ringsek berat, terutama pas bagian aku duduk. Alhamdulillah semua penumpang selamat. Setelah semua berhasil keluar dari mobil, kami bertiga ga kuat menahan ketawa. Ko bisa ya mobil kebalik?

That was my first car crash.

No comments: